Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Toko Roti Merah Delima Kediri
Abstract
Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang menyeluruh dan tertata dari setiap rancangan yang telah dibuat oleh perusahaan maupun pengusaha yang mencangkup tentang rangkaian kegiatan yang harus dijalankan untuk pemasarannya. Persaingan merupakan suatu kompetisi dari berbagai pihak pesaing lainnya dalam merebutkan suatu keunggulan dalam pasar. Persaingan juga ada dua, persaingan sehat dan tidak sehat, dalam dunia pasar suatu persaingan harus disertai usaha yang kuat untuk menghasilkan target yang diinginkan. Dari uraian diatas, rumuskan masalah penelitian ini, bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan, strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan meringkas berbagai kondisi. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview(wawancara), serta dokumentasi. Tahap akhir ini menggunakan keabsahan data dengan Credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini, strategi pemasaran yang digunakan pada Toko Roti Merah Delima Kediri itu menggunakan bauran pemasaran diantaranya: Produk yang memiliki berbagai varian baik yang manis, asin, dan tawar. Harga jual dari yang Rp.3000 hingga keatas. Promosi yang digunakan itu dilakukan dengan tradisional maupun modern. Distribusi(tempat) berada di daerah yang mudah untuk dijangkau dan memiliki cabang di daerah lainnya. Dari strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar yakni menggunakan analisis SWOT dan dari hasil tersebut dapat mencegah pergerakan para pesaing lainnya dalam dunia pasar, dan dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada untuk mendapatkan target yang diinginkan.
References
Chrismardani, Yustina,â€Komunikasi Pemasaran Terpadu Implementasi Untuk UMKMâ€, Jurnal NeO-Bis, volume 8, No 2 Desember 2014.
Putra,Saka, “Analisis Industri Pangan Sub Sektor Industri Makanan Ringan Kue Bangkit dan Boluâ€, JOM Fekon, vol.4, No.1 Februari 2017.
Suprajang, Erlyha Noviyanti dan Sandi Eka, “Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dan Keputusan Pembelian Pada UD.Prima†Tulung Agung, Riset Mahasiswa Ekonomi(RITMIK), Vol.2, No.1 2015, ISSN:2407-2680.
Davit, Fred R Manajemen Strategis : Konsep. (Jakarta: Salemba Empat cet-10, 2006).
Wahyu andari, Wenni, “Analisis Matrik Boston Consulting Group (Bcg) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persainganâ€, Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, Vol. 1, No.1 Tahun 2013.
Copyright (c) 2020 Khoiru Rohmah, Ahmad Badi'
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.