Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter

  • Imam Taulabi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Bustomi Mustofa Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
Keywords: Dekadensi Moral, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan  pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.

Published
2019-01-31
How to Cite
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 28-46. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.660